Pulau Terkecil Di Dunia Ada di INDONESIA ?

Pulau Terkecil Di Dunia Ada di INDONESIA ?

BERITA, Uncategorized

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau. Sungguh Indonesia kaya akan keindahan alam yang memukau.

Pulau Terkecil Di Dunia Ada di INDONESIA

Indonesia memiliki 3 pulau yang termasuk dalam Pulau Terbesar di Dunia yaitu Papua, Borneo, dan Sumatera. Tahukah kamu, bahwa Pulau Terkecil di dunia juga ada di Indonesia?

Pulau Simping, Pulau Terkecil Di DuniaPulau Simping, Pulau Terkecil Di Dunia

Pulau Simping Merupakan sebuah pulau di Singkawang Selatan, Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia.

Pulau Simping merupakan pulau terkecil di dunia versi PBB. Pulau Simping sebelumnya dikenal juga dengan nama Pulau Kelapa Dua yang terletak di Teluk Mak Jantu.

Pulau Simping gabungan dari pasir dan batu, dan ada beberapa pohon di atas nya. Di dalam Pulau Simping terdapat kelenteng atau tempat sembayang disinilah para penghuni yang keturunan chinese memanjatkan doa. Perjalanan ke Pulau Simping dari kota Pontianak memerlukan waktu sekitar 3-4 Jam.

pulau terkecil di dunia

Digerbang sebelum masuk ke Pulau Simping terdapat papan petunjuk yang menjelaskan bahwa Pulau Simpang merupakan pulau terkecil di dunia. Di papan tersebut tertulis bahwa Pulau Simping merupakan pulau terkecil di dunia yang telah diakui dan tecatat di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

pulau terkecil di dunia

Jika cari di internet menggunakan Google dengan cara memasukkan kata kunci “pulau terkecil di dunia”, akan keluar hasil pencarian beberapa tulisan yang menyebutkan Pulau Simping sebagia pulau terkecil di dunia.

Namun, kalau memakai kata kunci “the smallest island in the world”, banyak hasil pencarian akan menuju pada Bishop Rock yang letaknya di antara Britania Raya dengan Laut Pasifik sebagai pulau terkecil. Di atas pulau itu hanya berdiri satu mercusuar.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pulau Terkecil Di Dunia Ada di INDONESIA

Konvensi PBB tentang Hukum Laut Internasional tahun 1982 (UNCLOS ’82) pasal 121 mendefinisikan pulau (Ingg.: island) sebagai “daratan yang terbentuk secara alami dan dikelilingi oleh air, dan selalu di atas muka air pada saat pasang naik tertinggi”. Dengan kata lain, sebuah pulau tidak boleh tenggelam pada saat air pasang naik. Implikasinya, ada empat syarat yang harus dipenuhi agar dapat disebut sebagai ‘pulau’, yakni :

  • Memiliki lahan daratan
  • Terbentuk secara alami, bukan lahan reklamasi
  • Dikelilingi oleh air, baik air asin (laut) maupun tawar
  • Selalu berada di atas garis pasang tinggi.

Meskipun demikian ada beberapa kriteria yang dapat mendukung klaim Pulau Simping, yaitu :

  • Mempunyai ukuran yang kecil kurang dari 1 hektar.
  • Pulau Simping adalah pulau sejati, artinya adalah daratan yang dikelilingi air laut dan tidak pernah tenggelam oleh pasang laut.
  • Pulau Simping ditumbuhi pepohonan dan tumbuhan yang menyatakan bahwa pulau tersebut mempunyai tanah dan bukan melulu merupakan tumpukan batuan.
  • Terdapat bangunan di atasnya yaitu sebuah klenteng kecil yang berdiri menghadap laut lepas.
  • Mempunyai penghuni, meskipun hanya penghuni tidak tetap yaitu mereka yang rutin melakukan ibadah di klenteng kecil.
  • Ada aktifitas kehidupan di pulau tersebut, yaitu mereka yang berkunjung ke kawasan Sinka Island Park dan mampir untuk menimati keindahan alam di pulau tersebut.

Related Articles

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.

Back to Top

error: Content is protected !!