Gerhana matahari 9 Maret 2016
Comments Off on Gerhana matahari 9 Maret 2016

Gerhana matahari 9 Maret 2016

BERITA, Uncategorized

Gerhana matahari 9 Maret 2016

Gerhana matahari 9 Maret 2016

Pada 9 Maret 2016, sebagian besar Pasifik, meliputi Indonesia, Malaysia, dan negara-negara lainnya di Asia Tenggara dan benua Australia akan dapat menyaksikan gerhana matahari. Gerhana matahari total dianggap sebagai salah satu fenomena alam paling mengesankan yang terjadi di Bumi. Di Timur Samudera Pasifik, Gerhana matahari 9 Maret 2016 total akan terjadi selama lebih dari 4 menit.

Sebagian besar India dan Nepal akan mengalami gerhana matahari parsial. Sementara itu, Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Papua Nugini akan dapat menyaksikan lebih dari 50% gerhana parsial. Sedangkan Kamboja, Myanmar, Vietnam dan Thailand akan melihat sekitar 50% gerhana matahari parsial. Sementara Australia, China, Jepang dan Alaska akan mendapatkan kurang dari 50% gerhana parsial.

Menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, Gerhana matahari total ini pernah terjadi sebelumnya di Indonesia, yaitu pada 1983, 1988, dan 1995. Gerhana matahari total yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 diperkirakan baru akan terjadi lagi pada 2023.

Gerhana matahari 9 Maret 2016 total ini akan bisa disaksikan dengan jelas di 12 provinsi dari Indonesia bagian barat sampai timur. Untuk wilayah Indonesia bagian barat, waktu puncak terjadinya gerhana adalah pada pukul 07.20 WIB. Untuk Indonesia bagian tengah, puncak gerhana matahari total akan terjadi pada pukul 08.35 WITA. Sedangkan untuk Indonesia bagian timur, puncak gerhana ini akan terlihat pada pukul 09.50 WIT.

Provinsi yang penduduknya bisa melihat gerhana matahari total adalah Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Bangka Belitung, dan Kalimantan Barat. Selain itu, wilayah lain, seperti Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tengah, serta Maluku Utara.

Wilayah Indonesia lain yang tidak berada di 12 provinsi tersebut akan tetap bisa menyaksikan gerhana matahari meski hanya sebagian yang terlihat. Menurut LAPAN, gerhana matahari total itu hanya akan terlihat selama 1,5-3 menit.

Jangan melihat langsung ke matahari.

Gerhana ini sendiri dapat dilihat secara aman dengan mata telanjang hanya dalam waktu beberapa detik saja, dan hanya jika Anda berada di lokasi di mana matahari benar-benar tertutup seluruhnya oleh bulan.

Melihat secercah saja sinar matahari pada saat terjadi gerhana dapat mengakibatkan kerusakan mata permanen atau kebutaan.

Dan kacamata hitam Anda pun tidak akan membantu. Baca terus untuk mengetahui cara paling aman menyaksikan gerhana.

Cara menyaksikan gerhana

Seperti yang telah kami peringatkan di atas: jangan melihat langsung ke arah matahari. Meski begitu, ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk melihat matahari dengan aman. Anda dapat membeli “kaca mata tukang las nomor 14” dari toko peralatan las atau dari beberapa toko perkakas lainnya. Anda juga dapat menggunakan mylar beraluminium yang dapat dipotong dengan gunting.

Cara lain untuk menyaksikan gerhana adalah dengan membuat kamera lubang jarum Anda sendiri.

Seberapa sering gerhana matahari terjadi?

Gerhana matahari dapat terjadi hingga lima kali dalam setahun, meskipun fenomena ini cukup langka. NASA menyimpan daftar gerhana yang telah lalu dan gerhana yang akan datang, dan menurut mereka, dalam 5.000 tahun terakhir hanya ada 25 tahun yang memiliki lima gerhana matahari.

Setiap gerhana dapat dilihat dari lokasi yang berbeda-beda. Misalnya, pada tahun 2015 gerhana matahari total dapat dilihat dari Inggris, tetapi orang-orang di Inggris tidak akan dapat melihat yang berikutnya lagi sampai tahun 2090.

Agen DominoBandar Domino

Related Articles

Back to Top

error: Content is protected !!